Anda sedang membaca...
Berita, Pendataan

Perpustakaan Braille Wiyataguna Bandung Terbaik di Indonesia

Perpustakaan Braille Wiyataguna Bandung diakui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos). Staf Perpustakaan Braille Wiyataguna Erna Kaniawati menuturkan, pengakuan tersbeut diutarakan langsung pihak Kemensos saat berkunjung ke perpustakaan tersebut tidak memiliki pusatakawan.

Penilaian sendiri didasarkan pada jumlah pengunjung, jumlah buku serta penataan ruangan. Padahal perpustakaan

“Untuk kunjugan rata-rata per hari antara 15-100 orang. Kalau untuk penataannya kita yang lakukan, karena di sini belum ada pustakawannya,” ujar Erna saat ditemui di Perpustakaan Braille Wiyataguna, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (1/8/2011).

Untuk jumlah buku yang ada, kata Erna, saat ini sudah mencapai 300 judul buku, dan satu judul buku terbagi dalam 5 sampai 10 seri tergantung dari ketebalannya. Mulai dari buku agama, anak-anak, remaja sampai dewasa.

Buku-buku tersebut diatur berdasarkan jenisnya dengan simbol warna. Yakni warha hijau untuk buka agama, ungu (buku umum), cokelat (buku anak), dan biru (buku dewasa).

Pihaknya sendiri mengaku cukup sulit untuk menambah koleksi buku. Pasalnya buku atau novel tersebut harus disadur terlebih dahulu ke dalam huruf braille dengan menggunakan software khusus winbraille.

“Apalagi untuk buku atau novel yang tebal, proses sadurnya lama kecuali kalau pihak penerbit memberikan softcopy. Kalau yang sering dibaca saat ini adalah novel Ayat-ayat Cinta,” tandasnya.[den]
Sumber: Inilah.com Bandung

About sobatperpus

Sebuah inisiatif untuk mengaktifkan masyarakat agar kembali lagi ke perpustakaan dan menggunakan perpustakaan sebagai "tempat pertukaran budaya informasi". Dibentuk tahun 2008 di komunitas pembaca aktif Goodreads Indonesia. Inisiator: Amang Suramang Email: sobatperpus@yahoo.com Twitter: @sobatperpus

Diskusi

One thought on “Perpustakaan Braille Wiyataguna Bandung Terbaik di Indonesia

  1. Salam, saya mahasiswa desain interior yg sedang membuat tugas akhir tentang perpustakaan braile di surakarta. Bisakah saya mendapatkan informasi dan kontak perpustakaan braile ini? terimakasih. Mohon bantuannya.

    Posted by Suryandari | 04/05/2014, 03:16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: