Anda sedang membaca...
Berita

Ngabuburit di Perpustakaan Soeman Hasibuan Yuk!

BANYAK pelajar mengisi waktu Ramadan dengan berkunjung ke Perpustakaan Soeman Hasibuan yang megah itu. Sambil menunggu bedug buka puasa, mereka membaca berbagai buku dan menikmati wifi gratis.

Perpustakaan delapan lantai itu berdiri megah di Jl Sudirman, Pekanbaru, persis bersebelahan dengan Kantor Gubernur Riau. Pustaka Soeman Hasibuan ini selama Ramadan tidak surut pengunjungnya.

Di perpustakaan ini selain tersedia buku bacaan umum, juga terdapat berbagai judul buku tentang religi. Masyarakat yang berminat membaca buku di Perpustakaan Soeman Hasibuan dapat menikmatinya dengan gratis. Apa lagi perpustakaan ini dilengkapi pendingan udara.

“Kita nggak bosan kalau membaca di perpustakaan ini, seluruh ruanganya ber AC. Bulan puasa begini enaknya memang masuk ke tempat-tempat yang dingin. Ya salah satunya di perpustakaan ini sambil menambah ilmu,” kata Vitria Umairoh seorang pelajar dalam perbincangan dengan detikRamadan, Selasa (2/8/2011) di Pekanbaru.

Vitria tidak datang sendiri ke Perpustakaan Soeman Hasibuan. Dia datang bersama teman-temannya untuk mengisi waktu lowong selama Ramadan.

“Kami sudah langganan setiap bulan Ramadan lebih baik meluangkan waktu di perpustakaan yang keren ini. Ruanganya semuanya sejuk, kita jadi betah berlama-lama di sini,” kata Vitria.

Di sana pengunjung begitu dimanja. Bagi pengunjung yang ingin membaca buku, tinggal menyebut judul buku ke petugas piket. Di perpustakaan sudah ada sistem komputerisasi yang melacak judul buku yang diinginkan. Dari komputer itu akan diketahuan ada atau tidaknya buku yang dinginkan.

Bila buku yang diinginkan pengunjung terdapat di perpustakaan itu, petugas akan memberitahukan letak buku tersebut. “Tinggal sebut judul bukunya, komputer akan mencarinya. Tapi kalau kita lupa nama judul bukunya, tinggal kita sebut saja buku apa yang kita inginkan, apakah agama, politik, atau apalah, pasti tersedia di sini,” kata Vitria.

Tidak hanya dimanjakan dengan berbagai jenis buku. Pengunjung yang memiliki laptop juga bisa menikmati Wifi gratis. Tak sedikit para remaja duduk di dalam atau di luar perpustakaan yang menikati jaringan internet secara gratis.

“Bosan membaca buku, kita bisa main game online. Kan di sini semuanya serba gratis,” kata Ryan Mufti salah satu pengunjung yang menikmati fasilitas wifi gratis itu.

Perpustakaan yang merupakan bangunan milik Pemprov Riau itu diberi nama Soeman Hasibuan untuk mengenang nama besar Soeman Hasibuan berdarah Batak yang dikenal sebagai sastrawan ulung yang ada di Riau. Salah satu karya sastranya yang cukup terkenal adalah “Mencari Pencuri Anak Perawan” yang terbit tahun 1932.

Sayangnya, karena Soeman Hasibuan berdarah Batak, nama perpustakaan ini pun disingkat menjadi Soeman Hs. Marga Batak Hs yang artinya Hasibuan tidak terlalu ditonjolkan.

“Menyingkat Hasibuan menjadi Hs, sama saja kita mengaburkan sejarah aslinya. Mestinya kita jujur saja tentang Pak Soeman ini, bahwa dia adalah orang Batak. Tapi sekarang kesannya hanya karena Bataknya, sehingga marga di belakang namanya sengaja tidak ditonjolkan,” kata Said Usman, warga Pekanbaru.

Sumber: http://ramadan.detik.com/read/2011/08/06/121445/1697979/631/ngabuburit-di-perpustakaan-soeman-hasibuan-yuk

About sobatperpus

Sebuah inisiatif untuk mengaktifkan masyarakat agar kembali lagi ke perpustakaan dan menggunakan perpustakaan sebagai "tempat pertukaran budaya informasi". Dibentuk tahun 2008 di komunitas pembaca aktif Goodreads Indonesia. Inisiator: Amang Suramang Email: sobatperpus@yahoo.com Twitter: @sobatperpus

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: