Anda sedang membaca...
Berita, Pendataan

Perpustakaan Keliling Masih Kurang

Badan Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Jawa Tengah masih kekurangan sedikitnya tiga unit mobil perpustakaan keliling guna mencukupi kebutuhan pembaca. Saat ini Badan Arpus Jateng baru memiliki tiga unit mobil perpustakaan keliling. Itupun, satu di antaranya sudah terlalu tua, yakni keluaran 1986.

Kepala Badan Arpus Jateng, Yuliati, menyatakan, mobil perpustakaan keliling itu selama ini menyentuh langsung ke sekolah-sekolah pinggiran. Tahun depan pihaknya akan mengajukan permintaan dua unit mobil dari APBD Provinsi, yang selama ini memang belum pernah membantu.

Bantuan Pusat
Tiga unit mobil yang ada seluruhnya merupakan bantuan dari Perpusatakaan Nasional RI.
”Sebagian besar daerah juga sudah memiliki mobil perpustakaan keliling, namun tentu saja belum semua terjangkau,” terangnya usai membuka workshop penyusunan dupak pustakawan di Gedung LPMP Provinsi Jateng, Sabtu (12/3) lalu. Guna mencukupi keinginan pembaca, pihaknya juga telah menambah sepeda motor beroda tiga yang disulap menjadi perpusatakaan keliling.

Dijelaskan, dari 35 kabupaten/kota di Jateng, empat daerah belum memiliki mobil perpustakaan keliling yakni Brebes, Kudus, Kota Magelang, serta Kota Semarang. Pada tahun 2010, Perpustakaan Nasional RI menyumbang enam unit mobil bagi enam daerah yakni Demak, Boyolali, Temanggung, Pati, Kota Salatiga, serta Kota Tegal. Pada tahun 2011 ini diharapkan seluruh daerah telah memiliki unit mobil guna menyentuh pembaca di daerah pinggiran. (H23,H30-43)

Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/03/14/139908/Perpustakaan-Keliling-Masih-Kurang

About sobatperpus

Sebuah inisiatif untuk mengaktifkan masyarakat agar kembali lagi ke perpustakaan dan menggunakan perpustakaan sebagai "tempat pertukaran budaya informasi". Dibentuk tahun 2008 di komunitas pembaca aktif Goodreads Indonesia. Inisiator: Amang Suramang Email: sobatperpus@yahoo.com Twitter: @sobatperpus

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: