Anda sedang membaca...
Berita, Pendataan

Ganesa, Perpustakaan untuk Semua

1302170643975855258
Ruang utama perpustakaan Ganesa.

Banyak cara memaknai hidup. Salah satunya adalah berbagi kemanfaatan dengan orang lain. Berbagi kemanfaatan atas sesuatu yang paling sederhana sekalipun. Contohnya barang kecil namun tak terbantahkan lagi perannya dalam mencerdaskan anak bangsa serta membuka hati dan pikiran orang: “BUKU.”  Ya, sederhana, tapi hanya orang yang visioner yang melakukannya.

Mungkin kecil ya arti dan pahala meminjamkan buku ini. Namun kalau buku yang dipinjamkan itu beratus-ratus atau bahkan beribu-ribu, jadi besar kan arti dan pahalanya? Demikianlah pula yang dilakukan seorang Nurudin (Inung), dengan perpustakaan yang diberinya nama: Ganesa. Semua orang boleh datang dan meminjam buku di perpustakaan ini dengan GRATIS.

Letaknya pinggir Jl  Raya Songgolangit,  Gentan, Baki, Sukoharjo, beberapa kilometer dari pusat Kota Solo, tepatnya di lantai atas sebuah bangunan. Walaupun bangunan di lantai bawahnya digunakan untuk usaha pencucian mobil, perpustakaan ini jauh dari kesan berisik, bahkan nyaris kedap suara.

1302160311304624961
Seorang anak sedang pilih-pilih buku.

Meski milik pribadi, perpustakaan ini dikelola dengan baik oleh petugas perpustakaan profesional.  Ribuan buku disusun rapi dan dipisahkan berdasarklan kategori. Setiap pekan ada tambahan buku baru. Sementara buku anak di bawah lima tahun mendapat ruangan tersendiri. Bedanya dengan di ruang utama, di ruang ini buku-buku ditata di rak-rak buku yang berukuran pendek, sehingga gampang dijangkau anak-anak. Di ruangan ini juga disediakan sejumlah alat edukasi khas anak-anak seperti puzzle. Anak saya kalau diajak ke perpustakaan ini senang sekali, bahkan malas diajak pulang. Biasanya sebelum masuk kami mencuci tangan dulu agar tangan kami tidak mengotori buku yang ada, sehingga buku itu lebih awet dan kemanfaatannya bisa bertahan lebih lama lagi.

13021600021230711096
Ruang baca khusus anak Balita.

Di ruang utama, setiap hari Jumat diputar film dokumenter atau film mainstream yang berkualitas untuk segala umur, melalui home theater. Adapun bagi pengunjung yang ingin browsing, pengelola perpustakaan menyediakan  tiga komputer multimedia yang canggih untuk keperluan itu.

Setiap hari orang datang dan pergi ke dan dari perpustakaan ini. Mereka adalah warga desa sekitar dan banyak pula warga agak jauh yang berstatus mahasiswa perguruan tinggi di Solo. Mereka mengandalkan perpustakaan Ganesa karena sejumlah alasan. Ada yang menganggap koleksi buku di perpustakaan ini memang lengkap. Ada yang terus terang mengaku suka karena suasananya tenang dan tempatnya nyaman.

Saya sendiri dan anak-anak saya suka pergi ke perpustakaan ini karena membaca buku merupakan kebutuhan bagi kami. Hampir setiap pekan kami membeli buku. Namun tentu saja tak semua buku yang kami inginkan bisa kami beli karena dana kami terbatas. Jadi perpustakaan ini menjadi alternatif yang bagus. Oya, pada gilirannya Perpustakaan Ganesa yang mendapat support dari buyer usaha batik Pak Nurudin, juga membuka kelas gratis kursus bahasa Inggris bagi siapapun yang menginginkan.

Kalau saya pikir-pikir, betapa mulianya Pak Nurudin ini. Banyak memang orang berduit, namun tak banyak yang visioner seperti beliau, yang menyadari arti penting buku sehingga merelakan perpustakaan pribadinya  menjadi konsumsi umum. Koleksi buku di perpustakaan ini mampu menggerakkan orang untuk datang, dari yang sekadar pengen ngadem–karena ruangannya memang dingin oleh pendingin ruangan,  meminjam atau sekadar nunut baca buku dengan gratis. Di samping punya perpustakaan yang dibuka untuk umum, Pak Nurudin ini memang terkenal sebagai dermawan yang suka bersedekah di kampung kami. Selain menjadi pengusaha pencucian mobil, dia juga pengusaha properti dan batik.  Dia juga membangun prasekolah yang unggul secara konsep namun dengan biaya terjangkau. Warga sekolah ini dan keluarganya juga merupakan pengunjung tetap perpustakaan Ganesa.

Akhirnya kalau saya ada rezeki lebih, saya juga ingin seperti Pak Nurudin ini. Membeli banyak buku, mengelolanya dengan baik dan berbagi kemanfaatan dengan orang lain . Kalau budaya literasi bangsa kita tinggi, Indonesia akan maju dengan pesat.  Sungguh keren. ***

130216107521375231

Niken Satyawati

Sumber: http://sosbud.kompasiana.com/2011/04/07/ganesa-perpustakaan-untuk-semua/

About sobatperpus

Sebuah inisiatif untuk mengaktifkan masyarakat agar kembali lagi ke perpustakaan dan menggunakan perpustakaan sebagai "tempat pertukaran budaya informasi". Dibentuk tahun 2008 di komunitas pembaca aktif Goodreads Indonesia. Inisiator: Amang Suramang Email: sobatperpus@yahoo.com Twitter: @sobatperpus

Diskusi

3 thoughts on “Ganesa, Perpustakaan untuk Semua

  1. sobat,perkenalkan saya erfan kepala sekolah MTs di sampang madura,saya ikut senang dengan cerita anda. sobat disekolah saya sudah ada gedung perpustakaan lengkap dengan mebellernya tapi isi buku nya tidak ada, tolong kalau bisa bagi informasi gimana caranya bisa dapat buku-buku yang banyak lagi gratis,juga cara mengelola perpustakaan secara profesional,trims atas bantuannya.(bisa hubungi kami disini:miftahulum.mts@gmail.com)

    Posted by erfan | 03/12/2011, 08:46
    • Salam kenal Pak Erfan,

      Persoalan mendapatkan buku sepertinya yang paling sering kami dengar. Kami upayakan agar ada informasi lebih banyak yang bisa kami dapat tentang perpus MTs di Sampang Madura ini, seperti apakah buku yang dibutuhkan dan siapa saja kira-kira calon pembacanya sehingga bisa dicarikan donatur yang mau membantu.

      SP

      Posted by sobatperpus | 05/12/2011, 16:50
  2. apakah ada buku2 sastra??
    teori2nya gtu????

    Posted by rahmat | 08/06/2014, 14:40

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: