Anda sedang membaca...
Berita

Perpustakaan Bukan Hanya Buku, Tapi Juga Layanan Informasi

Perpustakaan bukan lagi sekadar tumpukan buku karenanya pustakawan harus mampu meningkatkan kemampuan agar bisa memberikan layanan jasa informasi (Foto: Tedi Yusup) *

Perpustakaan bukan lagi sekadar tumpukan buku karenanya pustakawan harus mampu meningkatkan kemampuan agar bisa memberikan layanan jasa informasi (Foto: Tedi Yusup)

Dahulu perpustakaan lebih dikenal hanya sebagai tempat penyimpanan buku. Namun saat ini image perpustakaan seperti itu harus segera dirubah, dan seorang pustakawan mempunyai peran yang sangat penting untuk merubah imagedemikian. Oleh karena itu perlu peningkatan kualitas sumber daya pustakawan menuju pustakawan yang profesional.

“Pustakawan fungsional memiliki tugas pokok untuk mengurus perpustakaan secara profesional. Image perpustakaan tidak seperti dulu, karena saat ini perpustakaan adalah lembaga yang bergerak dalam bidang jasa layanan informasi,” tutur Penanggungjawab Referensi Center of Information Scientific Resources and Library (Cisral) Unpad, Dra. Mulyani saat mengisi acara Lokakarya Pengembangan Jabatan Fungsional Pustakawan di Lingkungan Unpad.

Dalam lokakarya yang digelar di Gedung Cisral Unpad Lantai 2, Jln. Dipati Ukur No. 46 Bandung, Selasa (12/10). Mulyani mengatakan bahwa seorang pustakawaan harus memilki pendidikan, keahlian, dan keterampilan di bidang perpustakaan. “Penting dimilki oleh pustakawan saat ini adalah mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan iptek, sosial, dan budaya. Selain itu diperlukan kemandirian dan dinamis dalam pekerjaan,” jelasnya.

Begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, seorang pustakawan harus bersikap terbuka terhadap pengalaman dan penemuan baru. “Kalau dulu itu buku merupakan produk utama dari perpustakaan, namun seiring berjalannya waktu, saat ini mulai berkembang seperti e-journal dan e-book, seorang pustakawan harus peka teknologi, sebagai salah satu kemampuan ideal pustakawan,” ungkap Mulyani.

Mulyani menambahkan bahwa dengan meningkatnya sumber daya pustakawan, diharapkan dapat meningkatkan layanan yang lebih berkualitas kepada pelanggan perpustakaan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

“Semakin meningkatnya layanan yang diberikan pustakawan, maka para pelanggan akan semakin sering berkunjung ke perpustakaan. Semakin meningkatnya jumlah kunjungan, berarti meningkat pula minat baca, dengan demikian akan tercapai pula tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara,” imbuh Mulyani.

Sementara itu Koordinator Perpustakaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad, Titin Sumartini menjelaskan bahwa permasalahan yang dihadapi pustakawan dalam pengembangan karir jabatan fungsional pustakawan terkait dengan peraturan dan undang-undang tentang jabatan fungsional pustakawan yang kurang dipahami. “Pemahaman tentang aturan yang berlaku belum merata, selain itu tim penilai kurang memahami terhadap aturan penetapan angka kredit bagi pustakawan,” jelasnya.

Titin menjelaskan juga bahwa permasalah yang dihadapi para pustakawan salah satunya adalah mengenai pembinaan karier pustakawan, seperti formasi pengangkatan jabatan fungsional pustakawan yang masih terbatas. “Selain hal tadi, masalah dihadapi yaitu tanggapan masyarakat terhadap jabatan fungsional pustakawan masih rendah. Dan juga koordinasi antara pemerintah pusat, daerah dan instansi terkait belum optimal,” ujar Titin.

Eka Bahtera (Unpad)

Sumber: http://www.unpad.ac.id/archives/35881

About sobatperpus

Sebuah inisiatif untuk mengaktifkan masyarakat agar kembali lagi ke perpustakaan dan menggunakan perpustakaan sebagai "tempat pertukaran budaya informasi". Dibentuk tahun 2008 di komunitas pembaca aktif Goodreads Indonesia. Inisiator: Amang Suramang Email: sobatperpus@yahoo.com Twitter: @sobatperpus

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: