Anda sedang membaca...
Berita, Pendataan

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Citra Agung, Ungaran

TBM Citra Agung Ungaran biasa meminjamkan 20 payungnya bagi pengunjung untuk beraktivitas di sekitar Alun-Alun Ungaran ketika hujan.

TBM Citra Agung Ungaran biasa meminjamkan 20 payungnya bagi pengunjung untuk beraktivitas di sekitar Alun-Alun Ungaran ketika hujan.

Berbagai cara dilakukan untuk menarik minat masyarakat membaca buku. Seperti dilakukan oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Citra Agung, Ungaran misalnya. Pengurus TBM menyediakan 20 buah payung. Pengunjung dapat memanfaatkannya ketika hujan. Bahkan tak jarang petugas mengantar jemput pengunjung dari tempat parkir ke TBM.

Maklum, TBM yang mengklaim diri sebagai satu-satunya taman bacaan yang berada di area publik di Kabupaten Semarang, berada di depan alun-alun Ungaran, di serambi Masjid Agung. Tempat parkir pengunjung berada di lapangan dan tak ada kanopi atau atap yang menghubungkannya dengan TBM atau Masjid.

”Hujan tak bisa ditebak, apalagi Ungaran ini hujan bisa datang 5 atau 6 kali sehari. Jadi malas-malas kan kalau harus bawa payung setiap saat,” terang M Sokhib (31), Senin (20/2/2012).

Sokhib adalah satu di antara puluhan pengunjung yang kebetulan berkantor di sekitar Alun-alun Ungaran.Lokasinya yang strategis membuat TBM ini banyak dikunjungi oleh masyarakat. Pada jam-jam istirahat pengunjung didominasi oleh karyawan, PNS maupun pelajar. ”Sembari membaca tetapi mereka leluasa beraktivitas ke kantor, ATM atau minimarket yang ada di sekitar Masjid ini. Cukup dicatat nama, no HP dan alamatnya saja payung bisa dipinjam,” ungkap Deeda Anwar, Ketua Remaja Masjid Agung Kabupaten Semarang.

TBM Citra Agung dikelola oleh Remaja Masjid Agung Semarang. Saat ini koleksi bukunya kurang lebih berjumlah dua ribu judul. Meski belum genap satu bulan, TBM ini sudah melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya pertengahan Januari lalu menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar dan mahasiswa, serta lomba mewarnai

Syahrul Munir | Glori K. Wadrianto

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2012/02/20/14054719/Antara.Taman.Bacaan.dan.Ojek.Payung

About sobatperpus

Sebuah inisiatif untuk mengaktifkan masyarakat agar kembali lagi ke perpustakaan dan menggunakan perpustakaan sebagai "tempat pertukaran budaya informasi". Dibentuk tahun 2008 di komunitas pembaca aktif Goodreads Indonesia. Inisiator: Amang Suramang Email: sobatperpus@yahoo.com Twitter: @sobatperpus

Diskusi

One thought on “Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Citra Agung, Ungaran

  1. Pengelola TBM yth, Dimana si letak TBM Citra Agung? Saya sering sholat di masjid besar Ungaran, tetapi kok tidak tahu disitu ada TBM ya? Kebetulan saya ingin meneliti Perilaku informasi masyarakat pesisir, studi kasus di TBM kota Smg. Mkn TBM di ungaran bisa dipakai sebagai contoh. Terimakasih

    Posted by Ati Suwanto | 24/06/2013, 20:29

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: