Anda sedang membaca...
Berita, Kegiatan

Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Pustakawan Asia Tenggara

Indonesia untuk kedua kalinya menjadi penyelenggara Kongres Pustakawan Asia Tenggara (Congress of Southeast Asian Librarian/CONSAL) ke-15. Acara yang digelar tiga tahunan sejak tahun 1970 ini dilaksanakan di Bali pada 28-31 Mei.

Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Woro Tri Haryanti, sekaligus Sekretaris Jenderal CONSAL 2011, mengatakan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah pertama kali pada tahun 1990. Pada penyelenggaraan kali ini, Indonesia mengambil tema “National Heritage: Preservation and Dissemination.”

“Kegiatan ini ditargetkan dihadiri sekitar 800 peserta dari Asia Tenggara dan pembicara tamu dari India, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Eropa. Hadir dalam pertemuan ini pengelola perpustakaan, pustakawan akademis, pustakawan publik, pustakawan sekolah, pustakawan guru, pengamat perpustakaan, pakar informasi, dan mahasiswa,” papar Woro, Senin (14/5/2012) di Jakarta.

Pada penyelenggaraan CONSAL ditampilkan makalah-makalah yang mengangkat isu-isu terkini mengenai perpustakaan dan kepustakawanan. Tujuannya untuk memperkuat solidaritas dan kerja sama antarpustakawan di kawasan Asia Tenggara, khususnya dalam bidang warisan ansional, serta mengembangkan kerjasama proyek regional dalam bidang sumber daya perpustakaan dan layanan informasi.

Selain itu, ajang CONSAL ini akan dimaksimalkan oleh para pustakawan untuk memperkenalkan kemajuan perpustakaan di tiap negara anggota, sekaligus media berbagi dan bertukar pengalaman dalam bidang pengelolaan layanan perpustakaan di sesama negara anggota CONSAL.

Sumber: Kompas.com

About Tanam Ide Kreasi

Scriptozoid! (Tanam Ide Kreasi) adalah konsultan publikasi (publicist) dan new media publisher di Indonesia yang lahir untuk satu tujuan: “mencintai dan semakin mencintai dunia membaca dan menulis”.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: