Anda sedang membaca...
Berita, Pendataan

Merintis Perpustakaan Desa Gumelem Wetan, Banjarnegara

Seperti halnya lembaga publik lainnya di tingkat desa, Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara sejak beberapa bulan lalu mulai bergiat merintis tempat khusus yang diperuntukkan sebagai ruang perpustakaan. Letaknya berada dalam satu atap di sisi kanan atau bagian utara Balai Desa setempat.


Buku di Perpus Desa Gumelem Wetan (dok: jm)

Sepintas ruang perpustakaan ini sangat-sangatlah sederhana, setidaknya terpampang rak-rak buku terbuat dari kayu dan jumlah buku-buku bacaan yang masih terbatas. Perpustakaan yang belum lama berdiri ini dirintis oleh mbak Feriyanti, yang juga seorang Guru SD setempat.

Bermodalkan semangat dan motivasi diri, mbak Feriyanti bertekad untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) di lingkungan desa di mana ia bertempat tinggal. Atas dasar kemauan dan tentunya memeroleh izin dari pamong desa selanjutnya upaya untuk menunjang/meningkatkan SDM ini terus dilakukan dari waktu ke waktu secara tekun.


Feriyanti (kerudung biru) dan Ari T. (dok: jm)

Ketika penulis berbincang di Balai Desa setempat beberapa hari lalu, mbak Feriyanti menuturkan, “perpustakaan desa ini sifatnya masih umum, artinya semua bahan-bahan bacaan/referensi yang tersedia di ruang pustaka terdiri atas berbagai bidang pengetahuan. Target pembacanya pun berasal dari berbagai lapisan masyarakat di Desa Gumelem dan sekitarnya. Harap dimaklumi, bahwa perpustakaan desa ini masih dalam rintisan, masih baru berdiri dan masih perlu dilakukan pembenahan di sana-sini,” imbuhnya.

Sejalan dengan apa yang telah dilakukan mbak Feriyanti tersebut, Kades Gumelem Wetan Budi Sulistyo dan Sekdes Agus Winaryanto sangat medukung keberadaan perpustakaan desa. Kedua pejabat teras di tingkat desa yang selalu terlihat bersemangat membangun desanya ini berharap bahwa dengan tersedianya fasilitas perpustakaan, maka pengetahuan warga menjadi berkembang, wawasan semakin luas dan pada gilirannya mampu meningkatkan aktivitas, terutama dalam menunjang kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Syukur-syukur menurut beliau > jika buku-buku atau bahan bacaan yang tersedia banyak membantu informasi berkait aktivitas sehari-hari masyarakat Gumelem, seperti pertanian, kehutanan, industri rumah tangga, lingkungan hidup, pariwisata, kesehatan, pendidikan, olahraga, maupun bahan bacaan lainnya yang bermanfaat bagi warga.

Dilihat dari harapan-harapan tersebut di atas, kedua tokoh Pemerintah Desa Gumelem tersebut menyadari > nampaknya kemauan dan semangat merintis sebuah perpustakaan desa ini tentunya tidak akan bisa berjalan optimal bilamana tidak menjalin kerjasama dengan pihak lain. Selama ini perpustakaan Desa Gumelem mulai dan akan terus berupaya membangun relasi dengan semua pihak, seperti Dinhubkominfo Pemkab Banjarnegara, Kemkominfo UPT Yogyakarta, lembaga swasta setempat, dan stakeholder dalam bentuk kemitraan saling menguntungkan.


Balai Desa Gumelem Wetan

Sebelum perbincangan berakhir, mbak Feriyanti yang ternyata lulusan Program Diploma Perpustakaan ini sedang menekuni pelatihan media online/internet perdesaan. Beliau juga dipercaya menjadi staf admin website > http://www.gumelemwetan.com dan aktif hingga kini. Ditambahkan pula, “perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang demikian cepatnya perlu disikapi secara bijak, kita harus menyesuaikan dengan zamannya. Namun demikian, bukan berarti perpustakaan konvensional harus ditinggalkan, karena akses media online yang masih terbatas, kesenjangan digital ada dimana-mana > sehingga perpustakaan desa masih layak untuk ditumbuhkembangkan,” ujarnya.

Nah, bagi siapa saja yang perduli dan dengan ikhlas berniat menyumbangkan buku-buku bacaan untuk melengkapi koleksi Perpustakaan Desa Gumelem Wetan masih selalu ditunggu/dinantikan. Bagi yang berkenan menyumbang buku/bahan bacaan bisa dialamatkan ke: Perpustakaan Desa Gumelem Wetan, d/a Balai Desa Gumelem Wetan, Kec. Susukan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah (Kodepos: 53475).

JOKO MARTONO
Dikutip atas seijin penulis dari:

About Tanam Ide Kreasi

Scriptozoid! (Tanam Ide Kreasi) adalah konsultan publikasi (publicist) dan new media publisher di Indonesia yang lahir untuk satu tujuan: “mencintai dan semakin mencintai dunia membaca dan menulis”.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: