Anda sedang membaca...
Pendataan

Tumpi Readhouse: Perpustakaan dan Ruang Kreatif Baru di Desa Pentur

Tumpi Readhouse adalah sebuah perpustakaan nirlaba yang sekaligus difungsikan sebagai ruang kreatif. Perpustakaan ini berada di Dk. Karang RT.16 RW.04 Kelurahan Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Diresmikan pada tanggal 16 Juli 2012 berkat bantuan teman-teman. Tak jauh dari Tumpi Readhouse terdapat Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Waktu kosong atau jam istirahat, anak-anak SD jajan di warung dekat perpus. Setelah memberi beberapa makanan kecil, mereka menghabiskannya di perpus dan membaca.

Salah satu kegiatan perpus ini adalah: Jineman berisi pemutaran film dan bazar. Pada acara Jineman perdana ini akan diputar tiga film pendek karya warga desa setempat, sedangkan kegiatan bazar akan menyuguhkan berbagai macam produk seni dan kerajinan masyarakat Desa Pentur seperti lukisan, kerajinan bambu dan berbagai makanan tradisional.

Program Jineman yang diselenggarakan Tumpi Readhouse merupakan program rutin yang rencananya akan diadakan sebulan sekali setiap tanggal enam belas, hal ini bertujuan sebagai media edukasi masyarakat melalui pemutaran film sekaligus sebagai usaha mendorong masyarakat untuk lebih dekat dengan TBM sehingga dapat meningkatkan budaya membaca.

Tumpi Readhouse terbuka untuk umum, selain sebagai TBM, pengelola Tumpi Readhouse kedepannya juga akan menyelenggarakan berbagai program pelatihan untuk anak muda, seperti pelatihan pembuatan film pendek, pelatihan keterampilan dan wirausaha. Dengan berbagai kegiatan yang ada harapanya taman baca tersebut tidak hanya menjadi museum buku saja, tetapi juga bisa sebagai ruang apresiasi, diskusi dan belajar bersama untuk mengembangkan daerah dengan menggali potensi yang ada.

Dikutip dari: http://www.facebook.com/tumpi.readhouse

About Tanam Ide Kreasi

Scriptozoid! (Tanam Ide Kreasi) adalah konsultan publikasi (publicist) dan new media publisher di Indonesia yang lahir untuk satu tujuan: “mencintai dan semakin mencintai dunia membaca dan menulis”.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: